Rabu, 15 Februari 2012

mineral zat besi

Besi merupakan mineral. Sebagian besar zat besi dalam tubuh ditemukan dalam hemoglobin sel darah merah dan mioglobin dalam sel otot. Zat besi diperlukan untuk mengangkut oksigen dan karbon dioksida. Ini juga memiliki peran penting lainnya dalam tubuh.
Orang-orang menggunakan suplemen besi untuk mencegah dan mengobati rendahnya tingkat besi (defisiensi zat besi) dan anemia kekurangan zat besi yang dihasilkan. Pada orang dengan anemia defisiensi besi, sel-sel darah merah tidak dapat membawa oksigen yang cukup untuk tubuh karena mereka tidak memiliki cukup zat besi. Orang dengan kondisi ini sering merasa sangat lelah.
Besi juga digunakan untuk meningkatkan kinerja atletik dan mengobati attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD) dan sariawan. Beberapa orang juga menggunakan besi untuk penyakit Crohn, depresi, kelelahan, dan ketidakmampuan untuk hamil.
Perempuan kadang-kadang mengambil suplemen zat besi untuk menebus besi hilang dalam periode menstruasi berat. Makanan kaya zat besi, seperti daging babi, ham, ayam, ikan, kacang, dan terutama daging sapi, hati, dan domba juga digunakan.
Seberapa efektif itu?Obat Alami database efektivitas tingkat Komprehensif menurut bukti ilmiah yang menurut skala berikut: Efektif, Mungkin Efektif, Mungkin Efektif, Mungkin tidak efektif, Bukti tidak efektif, tidak efektif, dan tidak cukup Kemungkinan untuk Tingkat.
Peringkat efektivitas untuk BESI adalah sebagai berikut:
Efektif untuk ...Anemia yang disebabkan oleh penyakit kronis. Banyak penyakit seperti kanker, masalah ginjal, atau masalah jantung dapat menyebabkan anemia. Mengambil besi bersama dengan obat lain seperti epoetin alfa (erythropoietin, EPO, Epogen, Procrit) dapat membantu membangun sel darah merah dan anemia sebaliknya pada orang dengan masalah ginjal atau dirawat karena kanker dengan kemoterapi.Kekurangan zat besi. Mengambil suplemen zat besi berlaku efektif untuk mengobati dan mencegah kekurangan zat besi dan anemia yang disebabkan oleh terlalu sedikit zat besi dalam tubuh.Mungkin efektif untuk ...Belajar masalah. Mengambil besi dapat membantu meningkatkan berpikir, belajar, dan memori pada anak dengan rendahnya tingkat zat besi.Batuk yang disebabkan oleh ACE inhibitor. Obat yang digunakan untuk tekanan darah tinggi yang disebut ACE inhibitor kadang-kadang dapat menyebabkan batuk sebagai efek samping. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengambil suplemen zat besi bisa mengurangi atau mencegah efek samping ini.Obat-obat penghambat ACE termasuk captopril (Capoten), enalapril (Vasotec), lisinopril (Prinivil, Zestril), dan banyak lainnya.Gagal jantung. Sampai 20% orang yang mengalami gagal jantung juga memiliki tingkat rendah zat besi dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemberian zat besi secara intravena dapat memperbaiki beberapa gejala gagal jantung. Hal ini belum diketahui apakah mengambil suplemen zat besi melalui mulut akan membantu.Kurangnya bukti untuk efektivitas tarif ...Perhatian defisit hyperactivity disorder (ADHD). Mengembangkan penelitian menunjukkan bahwa mengambil besi sulfat (senyawa kimia yang mengandung besi) meningkatkan beberapa langkah-langkah perhatian defisit hyperactivity disorder (ADHD) pada anak dengan defisiensi zat besi setelah 1-3 bulan pengobatan.Kelelahan. Ada beberapa bukti awal bahwa suplemen zat besi dapat meningkatkan kelelahan yang tidak dapat dijelaskan di non-anemia perempuan.Meningkatkan kinerja atletik.Canker luka.Sebuah saluran pencernaan penyakit yang disebut penyakit Crohn.Depresi.Male infertilitas.Berat menstruasi pendarahan.Restless leg syndrome.Kondisi lain.Bukti lebih lanjut diperlukan untuk besi tarif untuk penggunaan ini.
Bagaimana cara kerjanya? Kembali ke atasBesi membantu sel darah merah mengantarkan oksigen dari paru ke sel-sel di seluruh tubuh. Setelah oksigen disampaikan, besi kemudian membantu sel darah merah membawa limbah karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk dihembuskan. Besi juga berperan dalam banyak reaksi kimia penting dalam tubuh.
Apakah ada masalah keamanan? Kembali ke atasBesi adalah KEMUNGKINAN AMAN bagi kebanyakan orang bila digunakan dengan tepat. Namun, dapat menyebabkan efek samping termasuk sakit perut dan nyeri, sembelit atau diare, mual, dan muntah. Mengambil suplemen zat besi dengan makanan tampaknya mengurangi beberapa efek samping. Tapi makanan juga dapat mengurangi seberapa baik tubuh menyerap zat besi. Besi harus diambil pada waktu perut kosong jika memungkinkan. Tetapi jika hal itu menyebabkan efek samping terlalu banyak, dapat diambil dengan makanan.Cobalah untuk menghindari mengambil dengan makanan yang mengandung produk susu, kopi, teh, atau sereal.
Ada banyak bentuk produk besi seperti besi sulfat, ferrous glukonat, ferrous fumarat, dan lainnya. Beberapa produk, seperti yang kompleks polisakarida yang mengandung besi (Niferex-150, dll), mengaku menyebabkan efek samping yang lebih sedikit daripada yang lain. Tapi tidak ada bukti yang dapat diandalkan untuk mendukung klaim ini.
Beberapa produk rilis enterik dilapisi atau terkontrol besi bisa mengurangi mual bagi sebagian orang, namun produk ini juga memiliki penyerapan kurang oleh tubuh.
Suplemen zat besi cair dapat menghitamkan gigi.
Dosis tinggi dari besi yang tidak aman, terutama untuk anak-anak. Besi adalah penyebab paling umum kematian keracunan pada anak. Dosis serendah 60 mg / kg dapat berakibat fatal. Keracunan besi dapat menyebabkan masalah serius, termasuk gangguan lambung dan usus, gagal hati, tekanan darah sangat rendah, dan kematian. Jika Anda menduga orang dewasa atau anak telah mengambil lebih dari jumlah yang disarankan dari besi, hubungi dokter Anda atau pusat kendali racun terdekat dengan segera.
Ada beberapa kekhawatiran bahwa asupan tinggi zat besi dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit jantung. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang dengan asupan tinggi zat besi, terutama dari sumber makanan seperti daging merah, lebih mungkin memiliki penyakit jantung. Ini mungkin terutama berlaku untuk orang dengan diabetes tipe 2. Tapi ini kontroversial.Penelitian lain tidak menunjukkan bahwa besi meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Terlalu dini untuk mengatakan secara pasti apakah besi meningkatkan kemungkinan penyakit jantung.Khusus pencegahan & peringatan:Kehamilan dan menyusui: Setrikaan KEMUNGKINAN AMAN untuk ibu hamil dan menyusui yang cukup zat besi yang tersimpan dalam tubuh mereka bila digunakan dalam dosis di bawah tingkat asupan ditoleransi atas (UL) dari 45 mg per hari besi elemental. UL adalah tingkat tertinggi asupan di mana tidak ada efek samping yang berbahaya diharapkan. Namun, besi KEMUNGKINAN tidak aman bila diminum dalam dosis tinggi. Jika Anda tidak memiliki kekurangan zat besi, jangan mengambil lebih dari 45 mg per hari unsur besi per hari. Dosis yang lebih tinggi sering menyebabkan efek samping lambung dan usus seperti mual dan muntah. Tingginya kadar hemoglobin pada saat pengiriman berkaitan dengan hasil kehamilan yang buruk. Hemoglobin adalah molekul dalam sel darah merah yang mengandung zat besi.
Diabetes: Ada kekhawatiran bahwa diet yang tinggi zat besi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada wanita dengan diabetes tipe 2, meskipun hal ini belum terbukti. Jika Anda memiliki diabetes, membahas asupan zat besi Anda dengan dokter Anda.
Lambung atau usus borok: Besi dapat menyebabkan iritasi dan membuat kondisi lebih buruk. Gunakan besi dengan benar.
Peradangan usus, seperti kolitis ulserativa atau penyakit Crohn: Besi dapat menyebabkan iritasi dan membuat kondisi lebih buruk. Gunakan besi dengan benar.
Hemoglobin penyakit, seperti thalasemia: Mengambil besi dapat menyebabkan kelebihan zat besi pada orang dengan kondisi ini. Jika Anda memiliki penyakit hemoglobin, jangan mengambil besi kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh dokter.
Bayi prematur: Memberikan besi untuk bayi prematur dengan kadar rendah vitamin E dapat menyebabkan masalah serius. Kekurangan vitamin E harus diperbaiki sebelum memberikan zat besi. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum memberikan besi untuk bayi prematur.
Apakah ada interaksi dengan obat? Kembali ke atasModeratBerhati-hatilah dengan kombinasi ini.
Antibiotik (kuinolon antibiotik)Besi dapat menurunkan berapa banyak antibiotik tubuh menyerap. Mengambil besi bersama dengan beberapa antibiotik dapat menurunkan efektivitas beberapa antibiotik. Untuk menghindari interaksi ini mengambil besi dua jam sebelum atau dua jam setelah minum antibiotik.
Beberapa antibiotik yang mungkin berinteraksi dengan besi termasuk ciprofloxacin (Cipro), enoxacin (Penetrex), norfloksasin (Chibroxin, Noroxin), sparfloxacin (Zagam), trovafloxacin (Trovan), dan grepafloxacin (Raxar).
Antibiotik (antibiotika Tetrasiklin)Besi dapat melampirkan terhadap antibiotik tetrasiklin dalam lambung dan mengurangi berapa banyak antibiotik tetrasiklin tubuh dapat menyerap.Mengambil besi bersama dengan antibiotik tetrasiklin dapat menurunkan efektivitas antibiotik tetrasiklin. Untuk menghindari interaksi ini mengambil besi dua jam sebelum atau empat jam setelah mengambil tetrasiklin.
Beberapa antibiotik tetrasiklin termasuk demeclocycline (Declomycin), minocycline (Minocin), dan tetrasiklin (Achromycin).
BifosfonatBesi dapat mengurangi berapa banyak bisphosphate tubuh menyerap.Mengambil besi bersama dengan bisphosphates dapat menurunkan efektivitas bisphosphates. Untuk menghindari interaksi ini mengambil bifosfonat setidaknya dua jam sebelum besi atau di kemudian hari.
Beberapa bifosfonat termasuk alendronate (Fosamax), etidronate (Didronel), risedronate (Actonel), tiludronate (Skelid), dan lainnya.
LevodopaBesi dapat menurunkan berapa banyak levodopa tubuh menyerap. Mengambil besi bersama dengan levodopa dapat menurunkan efektivitas levodopa. Jangan mengambil besi dan levodopa pada saat yang sama.
LevothyroxineLevothyroxine digunakan untuk fungsi tiroid rendah. Besi dapat mengurangi berapa banyak levothyroxine tubuh menyerap. Mengambil besi bersama dengan levothyroxine dapat menurunkan efektivitas levothyroxine.
Beberapa merek yang mengandung levothyroxine termasuk tiroid Armour, Eltroxin, Estre, Euthyrox, Levo-T, Levothroid, Levoxyl, Synthroid, Unithroid, dan lainnya.
Metildopa (Aldomet)Besi dapat mengurangi berapa banyak metildopa (Aldomet) tubuh menyerap.Mengambil besi bersama dengan metildopa (Aldomet) dapat menurunkan efektivitas metildopa (Aldomet). Untuk mencegah interaksi ini mengambil besi setidaknya dua jam sebelum atau setelah mengambil metildopa (Aldomet).
Mycophenolate mofetil (Cellcept)Besi dapat menurunkan berapa banyak mycophenolate mofetil (Cellcept) tubuh menyerap. Mengambil besi bersama dengan mycophenolate mofetil (Cellcept) dapat menurunkan efektivitas mycophenolate mofetil (Cellcept). Untuk menghindari interaksi ini mengambil besi setidaknya dua jam setelah mycophenolate mofetil (Cellcept).
Penicillamine (Cuprimine, Depen)Penisilamin digunakan untuk penyakit Wilson dan rheumatoid arthritis. Besi dapat menurunkan berapa banyak penicillamine tubuh Anda menyerap dan menurunkan efektivitas penisilamin. Untuk menghindari interaksi ini mengambil besi dua jam sebelum atau dua jam setelah minum penisilamin.
KecilWaspada dengan kombinasi ini.
KloramfenikolBesi sangat penting untuk memproduksi sel darah baru. Kloramfenikol dapat menurunkan sel darah baru. Mengambil kloramfenikol untuk waktu yang lama dapat menurunkan efek dari besi pada sel darah baru. Tapi kebanyakan orang hanya mengambil kloramfenikol untuk waktu yang singkat sehingga interaksi ini bukan masalah besar.
Apakah ada interaksi dengan herbal dan suplemen? Kembali ke atasAkasiaAcacia membentuk gel larut dengan beberapa bentuk besi. Tidak diketahui apakah ini mengarah pada interaksi yang signifikan ketika kedua yang tertelan bersama.
Beta-karotenBeta-karoten dapat membantu tubuh dalam mengambil (menyerap) besi dari besi yang diperkaya gandum dan tepung jagung, dan beras. Tapi mengkonsumsi beta karoten-ekstra mungkin tidak akan membuat banyak perbedaan dalam penyerapan zat besi kecuali kadar beta-karoten terlalu rendah.
KalsiumKalsium membuat lebih sulit bagi tubuh untuk menyerap zat besi baik dari makanan atau suplemen. Namun, pada orang yang telah cukup disimpan besi, hal ini mungkin bukan masalah. Tapi jika Anda kekurangan zat besi atau mungkin menjadi kekurangan zat besi, meminimalkan interaksi ini dengan memisahkan asupan kalsium dan zat besi. Jangan mengambil suplemen kalsium pada saat makan atau ketika Anda mengambil suplemen zat besi.
RiboflavinMengambil suplemen riboflavin dapat meningkatkan cara suplemen zat besi bekerja pada beberapa orang dengan anemia. Tapi efek ini mungkin signifikan hanya pada orang dengan tingkat rendah riboflavin.
KedelaiProtein kedelai tampaknya mengurangi kemampuan tubuh untuk mengambil zat besi. Jika Anda kekurangan zat besi, pilihlah produk kedelai difermentasi.Mereka tampaknya mengganggu penyerapan zat besi kurang. Namun, pentingnya nyata dari interaksi antara kedelai dan besi belum ditentukan.
Vitamin AVitamin A tampaknya terlibat dalam bergerak besi dari mana disimpan dalam tubuh untuk sel darah merah berkembang dalam sumsum tulang. Di sana, besi digunakan untuk membangun hemoglobin, molekul dalam sel darah merah yang membawa oksigen. Memberikan suplemen vitamin A tampaknya meningkatkan kadar zat besi pada orang yang kadar besi terlalu rendah. Mengembangkan penelitian menunjukkan bahwa vitamin A dan beta-karoten dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari besi yang diperkaya gandum dan tepung jagung, dan beras. Ini tidak mungkin bahwa pemberian suplemen vitamin A akan memiliki efek signifikan pada status zat besi pada orang yang memiliki cukup vitamin A untuk memulai dengan.
Vitamin CMengonsumsi vitamin C dan zat besi bersama-sama membantu tubuh menyerap besi. Tidak peduli apakah vitamin C berasal dari makanan atau suplemen. Tapi, mengambil suplemen vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi mungkin tidak diperlukan bagi sebagian besar orang, terutama jika makanan mereka mengandung banyak vitamin C.
SengDalam beberapa keadaan besi dapat mengganggu cara tubuh menyerap seng, dan sebaliknya. Tapi makanan berhenti interaksi. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari suplemen seng atau besi, itu ide yang baik untuk membawa mereka dengan makanan.
Apakah ada interaksi dengan makanan? Kembali ke atasKopi dan tehMengambil suplemen zat besi dengan kopi atau teh dapat mengurangi jumlah besi tubuh menyerap. Minuman ini bahkan dapat mengurangi jumlah besi tubuh menyerap dari makanan. Efek ini mungkin berkontribusi terhadap anemia kekurangan zat besi, terutama pada orang dengan faktor risiko lainnya.
Produk susuKalsium dalam produk susu seperti susu dan keju dapat mengurangi penyerapan zat besi dari makanan dan suplemen. Ini mungkin bukan masalah bagi orang yang memiliki cukup zat besi yang tersimpan dalam tubuh mereka. Tapi jika Anda membutuhkan zat besi, mengambil suplemen zat besi dengan makanan yang relatif rendah dalam produk susu bila memungkinkan. Orang mungkin mengatakan Anda akan mendapatkan penyerapan zat besi yang paling pada waktu perut kosong, tapi ini meningkatkan risiko iritasi lambung. Jangan mengambil risiko itu. Anda lebih baik mengambil besi dengan makan rendah kalsium.
MakananMengambil besi dengan makanan dapat menurunkan berapa banyak zat besi yang diserap oleh tubuh sebesar 40% menjadi 50%. Untuk penyerapan terbaik, zat besi harus diminum pada waktu perut kosong. Tetapi beberapa orang mungkin tidak dapat mentolerir ini karena efek samping seperti sakit perut atau mual. Jika besi harus diambil dengan makanan untuk mengurangi efek samping, menghindari makanan susu, kopi, teh, atau sereal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar