Rabu, 15 Februari 2012

peran yodium bagi manusia


Yodium adalah suatu unsur kimia. Tubuh membutuhkan yodium tetapi tidak bisa membuatnya. Yodium yang dibutuhkan harus berasal dari makanan. Sebagai aturan, ada sangat sedikit yodium dalam makanan, kecuali telah ditambahkan selama pengolahan, yang sekarang terjadi dengan garam. Sebagian besar yodium di dunia ditemukan di laut, di mana ia dipekatkan dengan kehidupan laut, terutama rumput laut.
Kelenjar tiroid memerlukan yodium untuk membuat hormon. Jika tiroid tidak memiliki yodium cukup untuk melakukan tugasnya, umpan balik sistem dalam tubuh menyebabkan tiroid untuk bekerja lebih keras. Hal ini dapat menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid (gondok), yang menjadi jelas sebagai leher bengkak.
Konsekuensi lain dari tidak memiliki cukup yodium (defisiensi yodium) juga serius. Yodium kekurangan dan tingkat rendah yang dihasilkan dari hormon tiroid dapat menyebabkan perempuan untuk menghentikan ovulasi, menyebabkan infertilitas. Kekurangan yodium juga dapat menyebabkan penyakit autoimun tiroid dan dapat meningkatkan risiko terkena kanker tiroid. Beberapa peneliti berpikir bahwa defisiensi yodium juga dapat meningkatkan risiko kanker lain seperti prostat, payudara, endometrium, dan kanker ovarium.
Yodium Defisiensi selama kehamilan serius baik bagi ibu dan bayi. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi selama kehamilan untuk ibu, dan keterbelakangan mental untuk bayi. Yodium berperan penting dalam perkembangan sistem saraf pusat. Dalam kasus ekstrim, kekurangan yodium dapat menyebabkan kretinisme, suatu kelainan yang melibatkan pertumbuhan fisik dan mental sangat terhambat.
Kekurangan yodium merupakan masalah umum dunia kesehatan. Bentuk yang paling diakui kekurangan adalah gondok. Selain itu, seluruh kekurangan yodium dunia diperkirakan menjadi penyebab dicegah paling umum dari keterbelakangan mental. Pada awal abad kedua puluh, kekurangan yodium adalah umum di Amerika Serikat dan Kanada, tetapi penambahan yodium terhadap garam telah meningkatkan kesehatan masyarakat. Penambahan garam yodium untuk diperlukan di Kanada. Di AS, garam beryodium tidak diperlukan, tetapi banyak tersedia. Para peneliti memperkirakan bahwa garam beryodium digunakan secara teratur oleh sekitar setengah penduduk AS.
Yodium digunakan untuk mencegah kekurangan yodium dan konsekuensinya, termasuk gondok. Hal ini juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur (sporotrichosis kulit); mengobati penyakit payudara fibrokistik; mencegah kanker payudara, penyakit mata, diabetes, dan penyakit jantung dan stroke, dan sebagai ekspektoran.
Yodium juga digunakan untuk untuk keadaan darurat radiasi, untuk melindungi kelenjar tiroid terhadap iodida radioaktif. Tablet kalium iodida untuk digunakan dalam keadaan darurat radiasi yang tersedia sebagai produk yang disetujui FDA (ThyroShield, Iosat) dan di Internet sebagai suplemen makanan. Kalium iodida harus digunakan hanya dalam keadaan darurat radiasi, bukan sebelum keadaan darurat untuk mencegah penyakit.
Yodium diterapkan pada kulit untuk membunuh kuman, mencegah rasa sakit di dalam mulut (mucositis) yang disebabkan oleh kemoterapi, dan mengobati ulkus diabetes.
Yodium juga digunakan untuk pemurnian air.
Seberapa efektif itu?Obat Alami database efektivitas tingkat Komprehensif menurut bukti ilmiah yang menurut skala berikut: Efektif, Mungkin Efektif, Mungkin Efektif, Mungkin tidak efektif, Bukti tidak efektif, tidak efektif, dan tidak cukup Kemungkinan untuk Tingkat.
Peringkat efektivitas untuk YODIUM adalah sebagai berikut:
Mungkin efektif untuk ...Yodium kekurangan. Mengambil suplemen yodium efektif untuk mencegah dan mengobati kekurangan yodium termasuk gondok.Radiasi eksposur. Yodium diminum berlaku efektif untuk melindungi terhadap paparan radioaktif iodida dalam keadaan darurat radiasi.Tiroid kondisi. Mengambil yodium secara oral dapat meningkatkan badai tiroid dan hipertiroidisme.Mungkin efektif untuk ...Berserat menyakitkan jaringan payudara (penyakit payudara fibrokistik), ketika diminum.Mencegah nyeri dan pembengkakan di dalam mulut, yang disebabkan oleh pengobatan kemoterapi untuk kanker, bila diterapkan secara langsung ke daerah yang terkena.Ulkus kaki berhubungan dengan diabetes, bila diterapkan secara langsung ke daerah yang terkena.Kurangnya bukti untuk efektivitas tarif ...Memperlakukan kondisi kulit yang disebabkan oleh jamur (sporotrichosis kutaneus).Bagaimana cara kerjanya? Kembali ke atasYodium mengurangi hormon tiroid dan dapat membunuh jamur, bakteri, dan mikroorganisme lain seperti amoeba. Sebuah jenis tertentu yodium disebut kalium iodida juga digunakan untuk mengobati (tetapi tidak mencegah) efek dari kecelakaan radioaktif.
Apakah ada masalah keamanan? Kembali ke atasYodium adalah KEMUNGKINAN AMAN bagi kebanyakan orang ketika diminum pada jumlah yang direkomendasikan.
Yodium dapat menyebabkan efek samping yang signifikan pada beberapa orang. Efek samping yang umum termasuk mual dan sakit perut, pilek, sakit kepala, rasa logam, dan diare.
Pada orang sensitif, yodium dapat menyebabkan efek samping termasuk pembengkakan pada bibir dan wajah (angioedema), pendarahan parah dan memar, demam, nyeri sendi, pembesaran kelenjar getah bening, reaksi alergi termasuk gatal-gatal, dan kematian.
Sejumlah besar atau jangka panjang penggunaan yodium yang mungkin tidak aman. Orang dewasa harus menghindari penggunaan jangka panjang dari dosis yang lebih tinggi dari 1100 mcg per hari (batas toleransi atas, UL) tanpa pengawasan medis yang tepat. Pada anak-anak, dosis tidak boleh melebihi 200 mcg per hari untuk anak 1 sampai 3 tahun, 300 mcg per hari untuk anak 4 sampai 8 tahun, 600 mcg per hari untuk anak 9 sampai 13 tahun, dan 900 mcg per hari bagi remaja Ini adalah batas toleransi atas (UL).
Dalam kedua anak dan orang dewasa, ada kekhawatiran bahwa asupan tinggi dapat meningkatkan risiko efek samping seperti masalah tiroid. Yodium dalam jumlah yang lebih besar dapat menyebabkan rasa logam, rasa sakit gigi dan gusi, terbakar di mulut dan tenggorokan, peningkatan air liur, radang tenggorokan, sakit perut, diare, buang, depresi, masalah kulit, dan banyak efek samping lainnya.
Ketika yodium digunakan langsung pada kulit, dapat menyebabkan iritasi kulit, noda, reaksi alergi, dan efek samping lainnya. Hati-hati untuk tidak perban atau erat menutupi area yang telah diobati dengan yodium untuk menghindari yodium terbakar.Khusus pencegahan & peringatan:Kehamilan dan menyusui: Yodium KEMUNGKINAN AMAN ketika diminum dalam jumlah yang direkomendasikan. Jangan mengambil lebih dari 1100 mcg yodium per hari jika Anda lebih dari 18 tahun, jangan mengambil lebih dari 900 mcg yodium per hari jika Anda adalah 14 sampai 18 tahun. Asupan tinggi dapat menyebabkan masalah tiroid. Produk topikal (larutan 2%) adalah KEMUNGKINAN AMAN untuk digunakan pada kulit.
Penyakit tiroid autoimun: Orang dengan penyakit tiroid autoimun mungkin sangat sensitif terhadap efek samping yang berbahaya dari yodium.
Ruam dermatitis herpetiformis: Mengambil yodium dapat menyebabkan memburuknya ruam ini.
Gangguan tiroid, seperti fungsi tiroid terlalu sedikit (hypothyroidism), kelenjar tiroid membesar (gondok), atau tiroid tumor: penggunaan waktu lama atau dosis tinggi yodium bisa membuat kondisi lebih buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar